Aqiqah dan kurban bentuk ketaqwaan kepada Allah

Aqiqah dan kurban bentuk ketaqwaan kepada Allah

Aqiqah dan kurban bentuk ketaqwaan kepada Allah

Sebagai bentuk atau bukti ketaqwaan kepada Allah, sekaligus menjalani sunnah RasulNya adalah dengan melaksanankan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya. Jika bicara tentang perintah maka ada sebuah ajaran dalam islam ini yang pelaksanaannya berkaitan dengan kelahiran bayi, yakni aqiqah. ada juga syari’at penyembilah lainnya yaitu kurban. Yang pelaksanan kurban dalam islam ditetapkan pada tanggal 10 dzulhijjah dan bisa juga pada hari-hari tasyrik yakni 11, 12, 13 bulan dzulhijjah.

Aqiqah dan qurban jelas perintahnya datang dari Allah melalui perantaraan rasulullah, beliau bersabda :

  1. Allah berfirman : “maka makanlah sebagian daripada nya (daging kurban), dan sebagian lagi berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi faqir ” (Al-hajj, 28).
  2. Dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu ia berkata : Bersabda Rasulullah sallallahu’alaihi wa salam : “siapa yang memiliki kelapangan (harta) tapi ia tidak menyembelih qurban maka jangan sekali-kali ia mendekati mushalla kami”.
  3.  Berqurban dapat dilakukan dengan onta, sapi, kambing. Bersabda Rasulullah sallallahu’alaihi wa salam : “siapa yang menyembelih sebelum shalat (Ied), maka sesungguhnya dia menyembelih untuk dirinya sendiri, dan siapa yang menyembelih setelah shalat dan dua khutbah, maka dia telah menyempurnakan ibadahnya dan mendapatkan sunnah” (mutafaq ‘alaih)
  4. Saya pernah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda,”Bersama seorang anak itu ada ‘aqiqahnya. Karena itu alirkanlah darah untuknya dan singkirkanlah gangguan darinya.” (Shahih Ibnu Majah no:2562u Fathul Bari IX: 590 no 5472,‘Aunul Ma’bud VIII:41 no:2822u Tirmidzi III: 35 no:1551 dan Nasa’i VII:164)
  5. Dan Dari Hasan bin Samurah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,“Semua anak yg lahir tergadaikan dengan ‘aqiqahnya.” (HR Abu Dawud, At Tirmidzi dan An Nasa’i)

Demikian beberapa dasar atau dalil dalil yang berasal dari nash yang shahih tentang ibadah aqiqah dank urban. Semoga bermanfaat.

(Jasa penyedia aqiqah bandung dan qurban bandung yang murah berkualitas dan memenuhi syarat, ikuti juga program tabungan qurban, serta tabungan aqiqah informasi  0838.2701.5733)

Posted in artikel aqiqah | Tagged , , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>