Bacaan aqiqah yang sesuai sunnah dan syari’at islam

Bacaan aqiqah yang sesuai sunnah dan syari’at islam

Bacaan aqiqah yang sesuai sunnah dan syari’at islam

Pesan dan tulisan ini sebenarnya secara khusus untuk penulis secara pribadi dan umumnya bagi pembaca sekalian (pembaca secara spesifik yang akan menghadiri atau mendatangi acara aqiqah. seperti halnya kata orang banyak mengatakan : “untuk selalu jangan lupa babacaan” babacaan yang dimaksud yakni doa, ataupun ucapan, ataupun kalimat yang digunakan/dibaca ketika akan melakukan sesuatu. Sebagaimana sebelum makan ada bacaannya (baca : doanya), sebelum tidur ada bacaannya, sebelum naik kendaraan ada bacaannya, termasuk pula ketika mendatangi/bertemu orang yang merayakan aqiqah. adapun bacaan aqiqah (bacaan atau doa yang diucapkan) ketika bertemu dengan orang yang dianugerahi anak adalah sebagai berikut :

Bacaan aqiqah yang dimaksud : “bacaan aqiqah berupa memberikan ucapan selamat kepada orang yang dianugerahi anak”

Memang disunnahkan memberikan ucapan selamat bagi orang yang dikaruniai anak dengan bacaan sebagai berikut : “baarokallahu laka, filmauhuubi laka, wa syakartal waa hiba, wa balagho asyuddahu, wa ruziqta birrohu”  artinya : “semoga Allah memberkahimu, dalam anak yang diberikan kepadamu, kamu pun bersyukur kepada Sang Maha Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta kamu dikaruniai kebaikannya ”

sedangkan orang yang diberikan ucapan selamat disunnahkan membalas/menjawab dengan bacaan : “baa rokallahu laka, wa baaroka ‘alaika, wa jazaakallahu khoiro, wa rozaqokallahu mitslahu, wa ajzala tsawaabaka” artinya : “semoga Allah juga memberkahimu, dan melimpahkan kebahagiaan untukmu, semoga Allah membalas dengan sebaik-baik balasan, mengaruniakan kepadamu sepertinya, dan melipatgandakan pahalamu”.

(Referensi : doa no 47 dalam kumpulan doa hisnul muslim, min adzkaril kitab wa sunnah yang dikumpulkan oleh Sa’id bin Ali bin Wahf Al-qahthani. Lihat al-adzkar, karya an-nawawy hal 349, dan shahih al-adzkarlin nawawy, oleh salim al-hilaly 2/713)

Inilah doa aqiqah yang mungkin dimasudkan. Baik doa ketika menyembelih hewan aqiqah, maupun doa memberi ucapan kepada orang tua yang dikaruniai anak. Wallahu a’lam bishshowaab.

Kontak di 0838.2701.5733, untuk Jasa aqiqah dan qurban bandung, ikuti tabungan aqiqah dan tabungan qurban. Paket aqiqah dan menu aqiqah klik di sini.

Posted in artikel aqiqah | Tagged , , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>