Format aqiqah dalam acara tasyakuran aqiqah anak

Format aqiqah dalam acara tasyakuran aqiqah anak

Format aqiqah dalam acara tasyakuran aqiqah anak

Format acara aqiqah dalam perayaan atau undangan aqiqah biasanya sebagai berikut :

  • Dimulai dari penyebaran undangan  aqiqah anak atau penyebaran kartu aqiqah anak

Benar sekali dimulai dengan menyebarluaskan kartu undangan aqiqah atau bisa juga disebut kartu aqiqah anak, atau karena dasar efisiensi dan efektivitas bisa juga undangan ini dilakukan via sms, telepon, undangan via facebook, dan sebagainya. Yang pada intinya bertujuan untuk mengundang orang-orang  yang akan ikut hadir dalam undangan tasyakuran aqiqah anak dimaksud,

  • Pemberian sambutan keluarga yang beraqiqah

Pada hari h acara pelaksanaan syukuran aqiqah seperti biasa keluarga yang mengaqiqahkan anak memberikan sedikit sambutan berupa pidato aqiqah, biasanya oleh ayah dari si anak.

  • Prosesi aqiqah ketiga, memberi nama anak dan memotong rambut anak yang diaqiqahkan

Hukjum potong rambut bayi ini adalah sunnah muakkadah (wallahu a’lam), untuk bayi laki-laki maupun bayi perempuan yang pelaksanaannya dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran dan alangkah lebih baik jika dilaksanakan berbarengan dengan aqiqah. Hal tersebut, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Setiap yang dilahirkan tergadai dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ketujuh dari kelahirannya dan dicukur rambutnya serta diberi nama”. Dalam hadits lainnya Rasulullah SAW bersabda: “Hilangkan darinya kotoran”.

Adapun nilai positif dari mencukur rambut bayi tersebut, Ibnu Al-Qoyyim berkata: Mencukur rambut adalah pelaksanaan perintah Rasulullah SAW untuk menghilangkan kotoran. Dengan hal tersebut kita membuang rambut yang jelek/lemah dengan rambut yang kuat dan lebih bermanfaat bagi kepala dan lebih meringankan untuk si bayi. Dan hal tersebut berguna untuk membuka lubang pori-pori yang ada di kepala supaya gelombang panas bisa keluar melaluinya dengan mudah di mana hal tersebut sangat bermanfaat untuk menguatkan indera penglihatan, penciuman dan pendengaran si bayi.

Setelah itu rambut yang telah dipotong tersebut ditimbang kemudian disunahkan untuk bersedekah dengan perak sesuai dengan berat timbangan rambut bayi tersebut. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW kepada puterinya Fatimah RA: Hai Fatimah, cukurlah rambutnya dan bersedekahlah dengan perak sesuai dengan berat timbangan rambutnya kepada fakir miskin. Dalam pelaksanaan mencukur rambut, perlu diperhatikan larangan Rasulullah SAW untuk melakukan Al-Qaz’u, yaitu mencukur sebagian rambut dan membiarkan yang lainnya . Ada sejumlah gaya mencukur rambut yang termasuk Al-Qaz’u tersebut:

  1. Memotong rambut bayi secara acak tidak beraturan.
  2. Memotong rambut bayi bagian tengah saja dan membiarkan rambut di sisi kepalanya.
  3. Memotong rambut bayi bagian sisi kepala dan membiarkan bagian tengahnya Mencukur rambut bagian depan dan membiarkan bagian belakan atau sebaliknya.
  • Berikutnya sajian santap atau pembagian olahan (masakan daging) hewan aqiqah

Sebagaimana acara syukuran seperti biasanya, maka disajikan santapan dari hasil sembelihan hewan aqiqah, atau jika sudah dalam bentuk besek aqiqah (nasi dus atau nasi box) tidak mengapa dibagikan kepada para tamu undangan syukuran aqiqah.

(Jasa penyedia aqiqah bandung dan qurban bandung yang murah berkualitas dan memenuhi syarat, ikuti juga program tabungan qurban, serta tabungan aqiqah informasi  0838.2701.5733)

Posted in artikel aqiqah | Tagged , , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>