Fiqih aqiqah, tuntunan aqiqah berdasarkan syariat Islam

Fiqih aqiqah, tuntunan aqiqah berdasarkan syariat Islam

 

Fiqih aqiqah, tuntunan aqiqah berdasarkan syariat Islam

Fiqih aqiqah yang membahas tentang serba serbi aqiqah, dari mulai pengertian aqiqah, hukum aqiqah, waktu pelaksanan aqiqah dalah sebagai berikut.

Dalam fiqih aqiqah, ibadah aqiqah itu sendiri bermkana sembelihan yang ditujukan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat dikaruniainya anaka atau keturunan yg dilakukan pada hari ketujuh atau hari kelipatannya dari sejak tanggal kelahiran si bayi. Untuk bayi laki-laki 2 ekor kambing, sedangkan untuk bayi perempuan 1 ekor kambing.

Adapun dalam fiqih aqiqah (sebagaimana dalam urusan fiqih yang lain) Para ulama berselisih pendapat tentang hukumnya. Sebagian ada yang mewajibkannya namun mayoritas mengatakan sunnah.

a. adapun yang Mewajibkan Aqiqah, antara lain:

- Syaikh Abdul ‘Azhim Al Badawi Rahimahullah dalam kitab Al-Wajiiz menyatakan bahwa ‘aqiqah adalah suatu kewajiban atas orangtua.

Dari Salman bin Amir adh-Dhabby Radhiyallahu’anhu, ia bertutur:

“Saya pernah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda,”Bersama seorang anak itu ada ‘aqiqahnya. Karena itu alirkanlah darah untuknya dan singkirkanlah gangguan darinya.” (Shahih Ibnu Majah no:2562u Fathul Bari IX: 590 no 5472,‘Aunul Ma’bud VIII:41 no:2822u Tirmidzi III: 35 no:1551 dan Nasa’i VII:164)

b. adapun yang Menyatakan Aqiqah itu Sunnah, antara lain:

- Imam Ahmad Rahimahullah berkata ‘Aqiqah merupakan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau telah melakukannya untuk Hasan dan Hushain. Para sahabat beliau juga melakukannya. Dan Dari Hasan bin Samurah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

“Semua anak yg lahir tergadaikan dengan ‘aqiqahnya.” (HR Abu Dawud, At Tirmidzi dan An Nasa’i).

Sehingga tidak patut, jika seorang bapak tidak melakukan ‘aqiqah untuk anaknya. (Al Muntaqa Min Fatawa Syaikh Shalih Fauzan (3/194)).

Demikianlah pembahasan fiqih aqiqah yang ditinjau dari beberapa aspek adalah sebagaimana di atas, namun sebagai seorang muslim tetaplah bersikap fastabiqul khoiroot yakni sikap berlomba-lomba dalam kebaikan.

Hubungi kami di 0838.2701.5733, Jasa penyedia aqiqah bandung dan qurban bandung yang murah berkualitas dan memenuhi syarat, ikuti program tabungan qurban, serta tabungan aqiqah

Posted in hukum islam | Tagged , , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>