Konsep Aqiqah dalam Islam

konsep aqiqah dalam islam

Konsep Aqiqah dalam Islam

Aqiqah, atau biasa disebut akikah, atau biasa disebut aqiqoh, atau biasa disebut/diucapkan akekah, adalah sembelihan kambing atau domba yang disebabkan dianugerahinya anak. Aqiqah merupakan salah satu bukti rasa syukur kepada Allah, karena aqiqah sendiri merupakan ibadah yang dicontohkan. Jika anak yang dilahirkan seorang laki-laki, maka kambing atau domba yang disembelih untuk aqiqah berjumlah dua ekor. Sedangkan jika yang dilahirkan perempuan kambing atau domba yang digunakan untuk aqiqah adalah sebanyak satu ekor saja. Jika anak yang dilahirkan kembar atau lebih dari satu, maka domba atau kambing yang disembelih adalah berdasarkan kelipatannya.

Hukum aqiqah sendiri para Ulama berbeda pendapat ada yang menyatakan bahwa aqiqah hukumnya wajib, ada juga yang berpendapat bahwa aqiqah hukumnya sunnah. Meskipun pihak yang berpendapat bahwa  aqiqah sunnah, tetapi sunnah aqiqah adalah sunnah muakkadah (sunnah yang teramat sangat dianjurkan apalagi bagi yang mampu).  Sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi : “semua anak yang lahir tergadaikan dengan aqiqah nya”. Dikatakan pula oleh Imam Ahmad bin Hanbal : “aqiqah merupakan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam, beliau telah melakukan aqiqah untuk Hasan dan Husain, para sahabat beliau juga melaksanakan aqiqah”.

(kambingaqiqahonline.com : penyedia jasa layanan penjualan kambing/domba aqiqah online bandung, penjualan hewan qurban secara online, tabungan aqiqah, dan tabungan qurban. Informasi : 0838.2701.5733 / 0813.9533.7795)

konsep aqiqah dalam islam

Posted in hukum islam | Tagged , | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>