Jual Aqiqah Bandung : 7 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Pelaksanaan Aqiqah

Jual Aqiqah Bandung : 7 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Pelaksanaan Aqiqah

sapi qurban termurah bandung

Anda yang akan beraqiqah atau yang segera menunaikan aqiqah anak anda, perlu memerhatikan beberapa hal berikut ini. Kami KambingAqiqahOnline.com adalah jasa atau layanan penyedia yang menjual aqiqah di bandung setidaknya perlu menjelaskan hal hal berikut bagi anda yang akan melaksanakan aqiqah

Daftar harga Akikah Dan Qurban Online Di Bandung Cimahi Beserta Alamat LengkapnyaPertama : Kondisi hewan aqiqah. Aqiqah adalah syariat atau ajaran islam, yakni ajaran agama yang ada sumber hukum dan penjelasan tatacara nya. Penjelasan aqiqah yang perlu anda ketahui bisa dari berbagai aspek diantara nya “kondisi hewan aqiqah” itu sendiri yang terpenting : (1) sehat : kondisi kambing atau domba yang akan di aqiqahkan haruslah sehat kondisi nya, bukan yang sedang terkena sakit, atau terkena wabah, atau bukan yang sedang dalam masa penyembuhan dari sakit. (2) cukup umur : yakni telah memenuhi umur untuk dilaksanakan nya penyembelihan aqiqah. hal ini penting karena agar orang yang berhajat aqiqah tidak menyembelih domba yang terlalu kecil. Untuk kecukupan umur, domba : aljadza (telah genap 6 bulan), sedangkan kambing : ats tsaniy ( telah genap 1 tahun).  (3) tidak buta, tidak juling dan tidak pincang.

penyembelihan aqiqah sesuai syariat di aqiqah bandungKedua : Tatacara penyembelihan. Yakni harus sesuai dengan tatacara syariat, harus sesuai dengan tuntunan syariat, harus sesuai dengan sunnah Rasulullah. Tatacara penyembelihan domba menjadi penting karena berkaitan dengan ke”sah”an atau ke halal an daging domba aqiqah itu sendiri. Maka perlu dibacakan nama Allah ketika menyembelih hewan. Karena penyembelihan hewan yang tidak disebutkan nama Allah, tidaklah halal, bahkan menjadi dianggap bangkai. Juga perhatikan arah kiblat dalam penyembelihan nya. Jangan menyembelih ke sembarangan arah. Perhatikan juga pisau atau golok yang digunakan, haruslah tajam dan terasah. Bukan yang tumpul dan berkarat. Kita tidak menzolimi hewan aqiqah kita, sehingga dalam penyembelihan pun, lebih baik sekali beset atau sekali sayat golok sudah putus tiga saluran domba yang harus putus, diantaranya saluran yang harus putus adalah saluran pernapasan domba, saluran darah domba, dan saluran makanan/kerongkongan domba. Dan perlu memperhatikan perlakuan si penyembelih terhadap domba, tidak boleh kasar dan sadis kepada domba, tapi harus penuh dengan kelemahlembutan terhadap hewan yang akan disembelih.

Syarat kesatu dan kedua diatas merupakan hal terpenting dari tatacara pelaksanaan aqiqah, karena hal tersebut yang merupakan asas dari penyembelihan aqiqah, sebagai bentuk “pembayaran” atas “tergadainya” putra/putri kita yang baru dilahirkan

dapur masak aqiqahKetiga : Proses masak atau pengolahan. Sebelum bicara proses memasak maka  dari sejak penyembelihan hewan sampai dengan proses pengulitan hewan, sampai dengan pencacahan daging, haruslah dijaga proses nya agar selalu bersih sehat dan higienis. Termasuk air yang digunakan untuk mencuci dan merebus jeroan atau organ dalam harus dipastikan air bersih yang sehat. Kemudian setelah siap masak, maka proses pemasakan pun harus sehat dan higienis. Sehingga serba bersih dan serba sehat.

gule panci aqiqah bandungKeempat : Rasa dan tekstur masakan. Olahan daging kambing aqiqah tentu harus enak dimakan. Misalkan bicara sate dan gule.., sate labih baik empuk dan tidak bau brangus domba. Demikian juga gulai atau gule domba, haruslah dimasak yang enak dan empuk. Dengan rasa yang gurih dan mantap. Maklum, namanya juga yang memesan aqiqah itu membeli.., tentu penyedia jasa aqiqah harus menyuguhkan yang terbaik kepada konsumen nya. Untuk variasi masakan tentu tidak monoton sate dan gule, tapi olahan daging kambing aqiqah bisa dibuat : rendang kering, rendang basah, semur daging, tongseng, soto daging domba, sop daging domba, tengkleng, teriyaki dan sebagainya.

Kelima : Dikemas baik dan rapi. Kemasan pengiriman aqiqah, misalnya pengiriman sate gule aqiqah, atau kiriman nasi box aqiqah atau nasi dus aqiqah atau nasi kotak aqiqah haruslah yang rapi dan baik/bagus. Kemasan yang rapi supaya tidak acak acakan kondisi pengiriman makanan nya. Sedangkan dikemas baik, dimaksudkan agar menggunakan kemasan box yang memenuhi syarat. Misal jangan terlalu kecil yang membuat makanan menjadi sempit dan campur aduk, atau box makanan dengan kertas box yang tipis atau tidak tebal, memungkinkan nasi box yang ada di dalamnya menjadi rusak dari kemasannya.

on timeKeenam : Dikirim ke lokasi tepat waktu. Pengiriman aqiqah bisa dibicarakan waktu tepatnya dengan konsumen. Jangan sampai acara aqiqah jam 1 siang dikirimkan jam 3 sore. Maka ketepatan waktu sangatlah penting. Terkadang ada konsumen yang ingin paket nasi kotaknya sampai saat 1 jam sebelum acara, atau 2 jam sebelumnya. Maka penyembelihan bisa disesuaikan dengan jam pengiriman sampai di lokasi.

Ketujuh : Staf yang Rapi dan Ramah. Staf yang melayani pesanan aqiqah tentu harus rapi. Meskipun hal ini sangatlah kondisional. Staf marketing aqiqah tentu tidak sama dengan staf kandang yang sedang ngarit atau membersihkan jeroan domba aqiqah. kemudian untuk staf pengiriman aqiqah haruslah ramah dan baik. Terkadang pemesan aqiqah lokasi rumahnya masuk ke dalam gang (tidak masuk mobil) maka mereka harus dengan senang hati menyelesaikan pekerjaan nya, lebih dari itu mereka harus berterima kasih kepada pemesan aqiqah atas kerjasama dan kepercayaannya.., sekaligus mendoakan kebaikan dan kelancaran acara aqiqah, mendoakan supaya bayi yang diaqiqahkan tumbuh sehat, dan diberikan berkah yang banyak atas keluarga tersebut.

Posted in Jual Kambing Aqiqah | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>