Pentingnya Aqiqah | Aqiqah Termurah Bandung

Pentingnya Aqiqah | Aqiqah Termurah Bandung 

Pentingnya Aqiqah | Aqiqah Termurah Bandung Definisi dari aqiqah itu sendiri adalah sebagai berikut. Sebagaimana Sabda Rasulullah sallallahu ‘alayhi wa sallam : Aqiqah adalah penyembelihan binatang pada hari mencukur rambut bayi, dan merupakan ibadah yang disyari’atkan oleh Allah SWT melalui Rasulullah SAW dalam sabdanya “setiap anak yang lahir itu terpelihara dengan Aqiqahnya yang disembelih untuknya pada hari ketujuh (dari hari kelahirannya), dicukur dan diberi nama” (HR Abu Dawud, al-Turmudzi dan Ibnu Majah).

klik disini untuk harga paket aqiqah bandung

Kemudian juga ada keterangan sebagai berikut: “Rasulullah SAW memerintahkan para sahabat agar menyembelih Aqiqah untuk anak lelaki 2 (dua) ekor kambing yang umurnya sama dan anak perempuan seekor kambing”. (HR. Al-Turmudzi)

Tentang masalah aqiqah ini adalah perkara ibadah yang penting. Sehingga secara umum para ulama menyatakan Aqiqah hukumnya adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang amat diutamakan pelaksanannya

aqiqah termurah se bandungKemudian juga menjadi makna dan memiliki nilai nilai batin sebagai berikut : sebagai wujud kasih sayang, harapan dan do’a dari orang tua terhadapanaknya agar menjadi anak yang sholeh/sholehah dan tentu saja selamat di dunia maupun di akhirat. Begitulah Islam mengajarkan kepada kita tentang kasih sayang pada putra dan putri kita. Yang akan melanjutkan kehidupannya kelak.

Tujuan Utama dari pelaksanaan aqiqah adalah sebagai berikut : Menghidupkan sunnah Rasulullah SAW melaksanakan Aqiqah dan menyebarkannya ke masyarakat yang membutuhkan. Menjalin hubungan kasih sayang dan ukhuwah serta kepedulian antar sesama. Meningkatkan pendapatan dan kesehjteraan peternak. Membantu mengembangkan peternakan domba kambing di Indonesia

Tidak kalah penting aqiqah juga memberikan dampak kepada sosial masyarakat. Pada aspek sosial, ibadah Aqiqah dapat menjalin ukhuwah pada sesama tatkala setiap kambing yang disembelih lalu dimasak, lalu masakannya dibagikan kepada masyarakat yang tak berpunya (dhuafa), terlebih jika dalam pengadaanyanyapun melibatkan para peternak kecil yang siap menyediahkan hewan Aqiqah belum lagi apabila hasil dari pengelolaan Aqiqah disebarkan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti anak faqir, miskin, maupun anak yatim. Tentu ini akan lebih menambah berkah bagi yang melaksanakan hajat aqiqah tersebut.

Posted in Kambing Aqiqah Bandung | Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *